Saturday, September 14, 2019

TIPE MEKANISME KATUB PADA MOTOR BAKAR.

Tipe Mekanisme Katub Pada Motor Bakar.

Pada mesin bensin 4 langkah memiliki satu atau dua katub hisapisme  (intake valve) dan katub buang (exhaust valve) di setiap ruang pembakaran. Campuran udara & bahan bakar masuk ke silinder melalui katup hisap (intake valve) dan gas sisa pembakaran melalui katub buang (exhaust valve). Mekanisme membuka dan menutupnya ini disebut mekanisme katub. berikut mekanisme katub yang di aplikasikan pada motor bakar.

A. Tipe Over Head Valve (OHV).

Gb. 1 Mekanisme Katub Tipe (OHV)

Untuk mekanisme katub tipe ini cukup sederhana dan high realibility, camshaft dirancang untuk diletakkan pada silinder blok. Untuk mendorong katub ditransmisikan lewat dari camshaft di salurkan lewat valve lifter dan push rod untuk mendorong rocker arm, kemudian rocker arm menekan valve sehingga valve dapat terbuka.

B. Tipe Over Head Camshaft (OHC).

Gb. 2 Mekanisme Katub Tipe (OHC)

Pada mekanisme katub tipe OHC camshaft dirancang untuk ditempatkan di atas cylinder head dimana camshaft langsung mengerakkan rocker arm untuk menekan katub agar terbuka. mekanisme tipe OHC tidak menggunakan lifter valve dan push rod, dimana camshaft langsung digerakkan oleh rantai atau tali penggerak (drive belt). 
Tipe ini sedikit lebih rumit dari pada tipe OHV, namun berat bagian yang bergerak menjadi lebih berkurang dan beban juga menjadi lebih ringan dikarenakan tidak menggunakan lifter valve dan push rod. Sehingga kemampuan pada kecepatan tinggi cukup baik, dikarenakan katup menutup lebih tepat pada kecepatan tinggi.

C. Tipe Double Over Head Valve Camshaft (DOHC).

Mekanisme pada tipe ini terdapat dua camshaft yang ditempatkan pada cylinder head dimana satu camshaft untuk menggerakkan katub hisap dan camshaft yang satu lagi untuk menggerakkan katub hisap. Dimana pada mekanisme ini terdapat dua katub untuk katub buang maupun hisap. Camshaft membuka dan menutup tidak menggunakan rocket arm, tetapi langsung ditekan oleh camshaft. Jadi berat part yang bergerak menjadi lebih berkurang, sehingga membuka dan menutupnya katub-katub menjadi presisi pada putaran tinggi.

Konstruksi pada mekanisme tipe ini sangat rumit, tetapi mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dibandingkan dengan tipe lainnya. Cara kerja mekanisme tipe DOHC ada dua jenis, dimana jenis yang pertama yaitu dua camshaft digerakkan langsung oleh sebuah belt (single drive belt directly) atau hanya pada exhaust camshaft digerakkan langsung oleh satu belt dan intake camshaft digerakkan oleh exhaust camshaft melalui sebuah gear, seperti gambar mekanisme dibawah ini.

- Kedua Camshaft Digerakkan Oleh Belt.

Gb. 3 Mekanisme Katub DOHC (Kedua Camshaft digerakkan oleh satu belt)
  
- Kedua Intake DiGerakkan Oleh Ribbed Belt.

Gb. 4 Mekanisme Katub DOHC (Kedua intake diGerakkan Oleh Ribbed Belt)


D. Tipe Single Over Head Camshaft (SOHC).

SOHC sistem kerjanya sama dengan DOHC namun bedanya pada dapur pembakaran setiap satu silinder hanya terdapat 1 katub hisap dan 1 katub buang. beda dengan DOHC yang memiliki jumlah katub pada ruang pembakaran yaitu 2 katub buang dan 2 katub hisab.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai topik pembahasan